Beberapa Pelajaran Dari Surat Tahunan Warren Buffett

Surat tahunan Warren Buffett kepada pemegang saham Berkshire Hathaway dirilis akhir pekan lalu. Pembaca akan menemukan banyak pelajaran investasi di halaman 23. Warren memulai surat ini ketika dia memulai setiap surat, menyatakan perubahan nilai buku per saham Berkshire.

 

“Pada tahun 2005, kekayaan bersih meningkat sebesar $5,6 miliar, meningkatkan nilai buku per lembar saham Kelas A dan Kelas B sebesar 6,4% selama 41 tahun terakhir (yaitu, setelah manajemen saat ini mengambil alih). Nilai buku Nilai buku telah meningkat dari $19 menjadi $59.377, meningkat pada tingkat 21,5% setiap tahun.”

 

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Buffett membuka dengan mengumumkan perubahan nilai buku per saham daripada laba per saham. Dalam jangka panjang, perubahan nilai buku per saham harus menjadi perkiraan keuntungan yang baik bagi pemilik. Anda mungkin ingat bahwa analisis Energizer Holdings memuji perusahaan karena melaporkan pendapatan komprehensif pada laporan laba ruginya. Laba bersih suatu perusahaan sering disebut sebagai pendapatan, namun pada kenyataannya laba bersih merupakan (sub) komponen dari pendapatan komprehensif. Energizer Holdings (ENR) secara harfiah melaporkan pendapatan komprehensif sebagai pendapatan.

 

FASB mensyaratkan bahwa perusahaan menampilkan pendapatan komprehensif dan jumlah komponennya dalam laporan keuangan yang disajikan secara mencolok seperti laporan keuangan lainnya yang membentuk satu set lengkap laporan keuangan. Sayangnya, meskipun kurangnya perhatian investor, laporan perubahan ekuitas pemegang saham dianggap sebagai “laporan keuangan yang membentuk laporan keuangan yang lengkap”.

 

Oleh karena itu, pendapatan komprehensif dapat dilaporkan dalam pernyataan yang belum diulas atau dipahami oleh banyak investor. Alternatifnya, perusahaan dapat memilih untuk melaporkan laba rugi komprehensif dalam laporan laba rugi komprehensif terpisah. Tentu saja, ini membingungkan banyak investor yang mengira mereka sedang membaca salinan kedua dari laporan laba rugi. Lagi pula, apa itu pendapatan komprehensif? Bukankah angka laba bersih yang dilaporkan dalam laporan laba rugi (tradisional) adalah angka yang komprehensif?

 

Tidak. Laba per saham yang dilaporkan secara luas tidak komprehensif. Bukan berarti nomor EPS tidak penting. Itu sangat penting. Bahkan, untuk perusahaan tertentu, ini mungkin angka yang paling berguna untuk mengevaluasi kelangsungan usaha. Apalagi jika investor hanya melihat treasury satu tahun. Pendapatan komprehensif selama setahun mungkin tidak benar-benar mewakili kinerja bisnis yang lebih banyak daripada jumlah EPS selama setahun (keduanya mungkin tidak cukup representatif). Perhatikan bahwa jumlah keuntungan per saham tidak menunjukkan berapa banyak kekayaan yang sebenarnya diciptakan (atau dihancurkan). .. Untuk menemukan informasi itu, Anda perlu melihat laporan laba rugi komprehensif.

Baca juga   Margin Trading dalam Pasar Forex

 

Pada dasarnya, Buffett melaporkan pendapatan Berkshire pada baris pembukaannya. Dia hanya menggunakan jumlah pendapatan yang lebih komprehensif. Dia mengatakan ini memberitahu kita berapa banyak kekayaan yang telah kita hasilkan, dan berapa banyak modal yang dibutuhkan untuk menghasilkan kekayaan itu. “Pada tahun 2006, kekayaan bersih meningkat sebesar $5,6 miliar, dan nilai buku per lembar saham Kelas A dan Kelas B meningkat sebesar 6,4%,” tulis Berkshire sebesar $5,6 miliar, 6,4%. ekuitas. .. Dia lebih suka menggunakan pendapatan komprehensif daripada laba bersih karena pendapatan komprehensif mencakup pendapatan non-operasional seperti fluktuasi nilai pasar sekuritas yang dapat dijual.

 

Jika Anda masih meragukan gagasan bahwa Buffett pada dasarnya melaporkan pendapatan komprehensif Berkshire di awal surat resmi, perubahan tahunan Buffett dalam kekayaan bersih selama beberapa tahun terakhir Bandingkan dengan jumlah pendapatan komprehensif dalam laporan tersebut. Selama tiga tahun terakhir, “peningkatan kekayaan bersih” Berkshire yang dilaporkan dan “pendapatan komprehensif” Berkshire yang dilaporkan adalah $ 5,6 miliar vs $ 5,5 miliar, $ 8,3 miliar vs $ 8,2 miliar, dan $ 13,6 miliar vs $ 13,4 miliar. . Saya harap ini membantu menjelaskan mengapa saya lebih suka ketika melaporkan pendapatan komprehensif secara jelas, daripada menyajikan laba bersih seolah-olah perusahaan yang terdaftar adalah cawan suci investasi. ..

 

Tentu saja, tidak ada GRL seperti itu. Baik laba bersih maupun laba komprehensif tidak menangkap perubahan ekonomi yang sebenarnya pada bagian pemilik bisnis. Tidak ada penghitungan pendapatan yang benar-benar komprehensif – dan tidak pernah. Meninjau laporan keuangan saja tidak cukup untuk menentukan bagaimana daya saing perusahaan telah meningkat (atau memburuk) selama setahun.

 

“Setiap hari, dalam banyak cara, setiap bisnis menjadi kurang kompetitif atau lebih kuat. Kami memberdayakan pelanggan kami dengan menyenangkan pelanggan kami, menghilangkan biaya yang tidak perlu, dan meningkatkan produk dan layanan kami. Tetapi jika Anda memperlakukan pelanggan Anda dengan acuh tak acuh atau menahan beban, bisnis kami akan menurun. Setiap hari, dampak dari tindakan kita tidak akan terlihat. Secara kumulatif. meskipun, konsekuensinya sangat besar.”

Baca juga   Rencana Psikologi Perdagangan

 

Terhadap tindakan-tindakan ini dan pengaruhnyalah yang harus dilihat oleh seorang investor ketika ia membentuk penilaian kualitatifnya terhadap suatu bisnis. Bagaimanapun, sebuah perusahaan mungkin merugi, namun meningkatkan posisi kompetitifnya. Faktanya, itulah yang dilakukan oleh banyak bisnis muda. Pertanyaannya, tentu saja, adalah apakah kerugian saat ini akan lebih dari diimbangi oleh keuntungan masa depan setelah memperhitungkan biaya peluang yang terjadi.

 

Semua biaya adalah biaya peluang. Tidak masuk akal untuk mengevaluasi kerugian satu tahun seolah-olah alternatifnya adalah menghentikan waktu. Pengembalian yang tersedia atas modal yang hilang harus dipertimbangkan juga. Itulah sebabnya ketika salah satu unit Berkshire menghabiskan modal, kerugiannya sangat membebani Buffett.

 

Selama sejarah Berkshire, biaya kerugian juga termasuk lebih dari dua puluh persen keuntungan tahunan gabungan yang telah hilang. Buffett selalu menyadari fakta bahwa, bagi Berkshire, kehilangan $1.000 hari ini akan sama dengan kehilangan lebih dari $7.000 sepuluh tahun dari hari ini atau lebih dari $125.000 dua puluh lima tahun dari hari ini. Berkshire tidak akan lagi menumbuhkan nilai buku per sahamnya di atas 20% per tahun. Jadi, angka-angka khusus ini sudah ketinggalan zaman. Namun, jika Anda mengacu pada pemikiran Buffett pada saat Buffalo News merugi (dan ketika operasi tekstil Berkshire merugi), Anda akan melihat betapa beratnya biaya peluang ini membebani dirinya.

 

Namun, ada kemungkinan bahwa bisnis yang beroperasi dengan kerugian sebenarnya meningkatkan posisi kompetitifnya dan menciptakan kekayaan bagi pemiliknya. Satu pertanyaan yang sangat sulit yang harus dijawab adalah apa sebenarnya nilai aset (seringkali aset tidak berwujud) yang diperoleh dengan biaya besar. Dalam beberapa bisnis yang sangat khusus, pengeluaran besar sepenuhnya dibenarkan.

Baca juga   Opsi Perdagangan Saat Berinvestasi

 

“Kebijakan otomotif yang berlaku tumbuh 12,1% di GEICO, keuntungan yang meningkatkan pangsa pasarnya dari bisnis mobil penumpang swasta AS dari sekitar 5,6% menjadi sekitar 6,1%. Asuransi mobil adalah bisnis besar: Setiap poin saham setara dengan $1,6 miliar dalam penjualan.”

 

“Meskipun kekuatan merek kami tidak dapat diukur, saya yakin itu juga tumbuh secara signifikan. Ketika Berkshire memperoleh kendali atas GEICO pada tahun 1996, pengeluaran iklan tahunannya adalah $31 juta. Tahun lalu kami mencapai $502 juta. Dan saya tidak sabar untuk menghabiskannya lagi.”

 

Kutipan ini membantu menjelaskan mengapa menurut saya semua uang yang dimasukkan PetMed Express (PETS) ke dalam iklan TV kabel adalah uang yang dihabiskan dengan baik. Obat hewan peliharaan, seperti asuransi mobil, adalah bisnis yang sangat terfragmentasi. Volume penjualan itu penting. Jelas, pengenalan nama juga. PETS dapat menghabiskan banyak uang untuk iklan kabel dan masih menghabiskan lebih sedikit per penjualan dibandingkan pesaingnya. Penting juga untuk diingat bahwa obat hewan peliharaan jarang sekali dibeli oleh pelanggan (seperti asuransi mobil). Meskipun Anda tidak akan dapat mempertahankan semua pelanggan Anda, Anda akan memiliki waktu yang jauh lebih mudah untuk membuat pelanggan saat ini tetap bersama Anda daripada Anda akan mendapatkan pelanggan baru untuk beralih dari pesaing.

 

Saya akan mengakhiri posting ini dengan salah satu pelajaran terbaik Buffett:

 

“Dulu, Sir Isaac Newton memberi kita tiga hukum gerak, yang merupakan karya jenius. Tapi bakat Sir Isaac tidak meluas ke investasi: Dia kehilangan seikat di Gelembung Laut Selatan, menjelaskan kemudian, “Saya bisa menghitung pergerakan bintang-bintang, tetapi bukan kegilaan manusia.” Jika dia tidak trauma dengan kehilangan ini, Sir Isaac mungkin akan menemukan Hukum Keempat tentang Gerak: Bagi investor secara keseluruhan, pengembalian menurun seiring dengan meningkatnya pergerakan.”